Monday, March 26, 2012

Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi - untuk SMP Kelas IX


Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi
  untuk SMP Kelas IX


Penulis             :
·       Iwan Sofana
·       Epsi Budihardjo
Penyunting             : Djundjunan P.S.
Pewajah Isi             : Kandi
Ukuran Buku             : 17,6 x 25 cm
Sumber Cover : form3.storic.flicker.com
Hak Cipta buku ini dialihkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional
dari penerbit PT. SETIA PURNA INVES
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010
 

 





Bab 1
Mengenal Internet
1.  Internet adalah jaringan komputer berskala dunia (global) yang bekerja menggunakan protokol komunikasi standar yaitu protokol TCP/IP.
2.     Intranet adalah jaringan komputer lokal (LAN) yang bekerja meng gunakan protokol TCP/IP.
3.     Protokol adalah sekumpulan aturan yang digunakan pada komunikasi data.
4.   TCP/IP merupakan singkatan Transmission Control Protocol/ Internet Protocol, yaitu dua buah protokol penting yang digunakan Internet (TCP dan IP).
5.     IP address atau Internet Protocol address adalah identifi kasi (id) bagi setiap komputer yang terhubung dengan Internet.
6.     Domain Name System adalah sistem yang digunakan untuk keperluan pemetaan IP address (berbentuk angka) menjadi hostname (berupa nama), dan sebaliknya memetakan hostname menjadi IP address.
7.     Jaringan komputer atau computer network adalah gabungan beberapa komputer yang terhubung satu dengan lainnya dan dapat saling bertukar informasi.
8.   Berdasarkan cakupan area (luas geo grafi s), jaringan komputer dapat dibagi menjadi PAN, LAN, MAN, dan WAN.
9.     Sebuah LAN dapat dibangun dengan berbagai macam topologi, di antaranya Bus, Ring, dan Star.
10.  Ciri dari Internet, di antaranya menggunakan protokol TCP/IP, me miliki layanan yang khas, menggunakan IP address, model pengoperasian yang banyak digunakan adalah Client/Server, menggunakan sistem penamaan yang disebut domain name system, dan penentuan rute ditentukan oleh protokol routing.
11.  Ukuran kecepatan akses Internet disebut bandwidth yang dinyatakan dalam satuan bps atau bit/s.

Bab 2
Perangkat Keras dan Metode Akses Internet
1.     Untuk mengakses Internet, di antaranya diperlukan NIC dan modem.
2.     NIC atau Network Interface Card adalah salah satu jenis perangkat keras yang digunakan untuk meng hubungkan komputer dengan jaringan intranet dan Internet.
3.     NIC ada yang hanya dapat digunakan jika tersedia kabel network (wired network), namun ada juga yang dapat digunakan tanpa kabel network (wireless network).
4.     Contoh NIC untuk wired network adalah Ethernet card, Token Ring card, dan ARCNET card.
5.     Contoh NIC untuk wireless network adalah WaveLAN, WiFi, dan WiMAX.
6.     Modem (modulator demodulator) adalah perangkat keras jaringan yang dapat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.
7.     Cable modem digunakan pada TV kabel agar dapat mengakses Internet.
8.  Media kabel jaringan yang dapat digunakan untuk mengakses Internet adalah kabel UTP, kabel koaksial, kabel telepon, dan kabel serat optik.
9.     Metode koneksi Internet yang dapat dipilih, di antaranya Dial-up, ISDN, DSL/ADSL, cable modem, T1 dan T3, serta satelit ( VSAT).
10.  Untuk memperoleh koneksi Internet, harus dipertimbangkan dahulu memilih metode koneksi Internet dan ISP.

Bab 3
Cara Memperoleh Sambungan Internet
1.  Salah satu cara memeroleh akses internet dengan mudah adalah dengan menggunakan modem yang terhubung ke saluran telepon. Jenis koneksi tersebut dikenal dengan istilah dial-up. Adapun peralatan atau perlengkapan yang diperlukan antara lain komputer, modem, dan jasa ISP.
2.  Telkomnet instant yang disediakan PT. Telkom merupakan contoh paket layanan internet yang dapat digunakan oleh pengguna telepon tetap.
3.  Untuk menghubungkan kabel telepon dengan komputer digunakan alat yang dinamakan konektor PJ-II.

Bab 4
Praktik Mengakses Internet
1.     URL (Uniform Resource Locator), adalah format penulisan alamat situs pada browser.
2.     E-mail (electronic mail), salah satu layanan Internet yang dapat digunakan untuk mengirim pesan. Baik pengirim maupun penerima harus sama-sama memiliki alamat e-mail atau e-mail address.
3.     Upload fi le, istilah yang digunakan untuk melakukan transfer fi le dari komputer client ke komputer server.
4.    Download file, istilah yang digunakan untuk melakukan transfer fi le dari komputer server ke komputer client.
5.     Search engine, merupakan salah satu layanan Internet yang digunakan untuk mencari informasi.
6.     WWW atau Web, contoh aplikasinya: Internet Explorer, Firefox dan Opera.
7.     E-mail, contoh aplikasinya: Internet Mail, Outlook Express, Novell Evolution, dan lainnya.
8.     IRC (Internet Relay Chat) atau chatting, contoh aplikasinya: mIRC, Oirc, ChatZilla, Pidgin.
9.     FTP, contoh aplikasinya WSFTP, CuteFTP, BulletProof FTP, dsb.
10.  Menyimpan daftar alamat menggunakan Favorites atau Bookmarks.

Bab 5
Menggunakan Aplikasi E-mail
1.   POP (Post Office Protocol) merupakan jenis protokol yang digunakan pada layanan e-mail. POP banyak digunakan oleh sistem operasi Windows.
2.    SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan jenis protokol yang digunakan pada layanan e-mail. SMTP banyak digunakan oleh system operasi Linux dan Unix.
3.     Ada dua jenis server yang melayani pengiriman e-mail, yaitu POP/IMAP server dan SMTP server.
4.     E-mail dapat dibaca dan dikirim menggunakan aplikasi e-mail client berbasis desktop atau berbasis Web. Aplikasi e-mail client berbasis aplikasi dekstop contohnya Outlook Express dan Eudoramail. Adapun e-mail client berbasis web contohnya yahoo! Mail, Google Mail, dan Hotmail.
5.     Setiap pengguna e-mail harus memiliki e-mail address. Contoh e-mail address: iwa.sofa@yahoo.com, ojolinux@gmail.com, dan sebagainya.
6.     E-mail address dapat diperoleh dengan cara melakukan registrasi pada server- server e-mail gratis yang ada di Internet.

Bab 6
Pengenalan Multimedia dan Presentasi
1.     Multimedia merupakan kombinasi dari elemen-elemen teks, gambar, grafi k, suara, animasi, dan video yang saling berhubungan dan dapat dimanipulasi secara digital. Terdapat banyak jenis fi le multimedia beserta aplikasi pemutar multimedia yang tersedia.
2.  Presentasi didefi nisikan sebagai suatu kumpulan data dan informasi yang disampaikan kepada pendengar tertentu (specifi c audience).
3.     Membuat presentasi dapat dibuat dari awal (blank document) atau menggunakan template (siap pakai).
4.    Menentukan tema presentasi merupakan suatu hal yang penting. Karena berkaitan dengan tampilan dan animasi yang akan digunakan.
5.     Menentukan jumlah halaman slide, tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak sangat penting. Jika terlalu sedikit, akan banyak pesan yang tidak tersampaikan. Jika terlalu banyak, membuat presentasi terlalu lama.
6.     Menggunakan teks, grafi k, gambar, suara, dan video seperlunya. Terlalu banyak animasi, suara atau video membuat presentasi terlalu ramai dan tidak fokus.
7.     Menggunakan efek animasi dan transisi antar-slide untuk menarik perhatian audience.

No comments:

Post a Comment