Membuka Cakrawala Teknologi Informasi dan Komunikasi
untuk SMP Kelas IX
Penulis :
· Iwan Sofana
· Epsi Budihardjo
Penyunting : Djundjunan P.S.
Pewajah Isi : Kandi
Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm
Sumber Cover : form3.storic.flicker.com
Hak Cipta buku ini dialihkan kepada Kementerian Pendidikan Nasional
dari penerbit PT. SETIA PURNA INVES
Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan
Kementerian Pendidikan Nasional Tahun 2010
Bab
1
Mengenal
Internet
1. Internet adalah jaringan komputer
berskala dunia (global) yang bekerja menggunakan protokol komunikasi standar
yaitu protokol TCP/IP.
2.
Intranet adalah jaringan komputer lokal
(LAN) yang bekerja meng gunakan protokol TCP/IP.
3.
Protokol adalah sekumpulan aturan yang
digunakan pada komunikasi data.
4. TCP/IP merupakan singkatan Transmission
Control Protocol/ Internet Protocol, yaitu dua buah protokol penting
yang digunakan Internet (TCP dan IP).
5.
IP address atau
Internet Protocol address adalah identifi kasi (id) bagi setiap komputer
yang terhubung dengan Internet.
6.
Domain Name System adalah
sistem yang digunakan untuk keperluan pemetaan IP address (berbentuk
angka) menjadi hostname (berupa nama), dan sebaliknya memetakan hostname
menjadi IP address.
7.
Jaringan komputer atau computer
network adalah gabungan beberapa komputer yang terhubung satu dengan
lainnya dan dapat saling bertukar informasi.
8. Berdasarkan cakupan area (luas geo
grafi s), jaringan komputer dapat dibagi menjadi PAN, LAN, MAN, dan WAN.
9.
Sebuah LAN dapat dibangun dengan
berbagai macam topologi, di antaranya Bus, Ring, dan Star.
10. Ciri
dari Internet, di antaranya menggunakan protokol TCP/IP, me miliki layanan yang
khas, menggunakan IP address, model pengoperasian yang banyak digunakan
adalah Client/Server, menggunakan sistem penamaan yang disebut domain
name system, dan penentuan rute ditentukan oleh protokol routing.
11. Ukuran
kecepatan akses Internet disebut bandwidth yang dinyatakan dalam satuan
bps atau bit/s.
Bab
2
Perangkat
Keras dan Metode Akses Internet
1.
Untuk mengakses Internet, di antaranya
diperlukan NIC dan modem.
2.
NIC atau Network Interface Card adalah
salah satu jenis perangkat keras yang digunakan untuk meng hubungkan komputer
dengan jaringan intranet dan Internet.
3.
NIC ada yang hanya dapat digunakan jika
tersedia kabel network (wired network), namun ada juga yang dapat
digunakan tanpa kabel network (wireless network).
4.
Contoh NIC untuk wired network adalah
Ethernet card, Token Ring card, dan ARCNET card.
5.
Contoh NIC untuk wireless network adalah
WaveLAN, WiFi, dan WiMAX.
6.
Modem (modulator
demodulator) adalah perangkat keras jaringan yang dapat mengubah sinyal
analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya.
7.
Cable modem digunakan
pada TV kabel agar dapat mengakses Internet.
8. Media kabel jaringan yang dapat
digunakan untuk mengakses Internet adalah kabel UTP, kabel koaksial, kabel
telepon, dan kabel serat optik.
9.
Metode koneksi Internet yang dapat
dipilih, di antaranya Dial-up, ISDN, DSL/ADSL, cable modem, T1
dan T3, serta satelit ( VSAT).
10. Untuk
memperoleh koneksi Internet, harus dipertimbangkan dahulu memilih metode
koneksi Internet dan ISP.
Bab
3
Cara
Memperoleh Sambungan Internet
1.
Salah
satu cara memeroleh akses internet dengan mudah adalah dengan menggunakan modem
yang terhubung ke saluran telepon. Jenis koneksi tersebut dikenal dengan
istilah dial-up. Adapun peralatan atau perlengkapan yang diperlukan
antara lain komputer, modem, dan jasa ISP.
2.
Telkomnet
instant yang disediakan PT. Telkom merupakan contoh paket layanan internet yang
dapat digunakan oleh pengguna telepon tetap.
3.
Untuk
menghubungkan kabel telepon dengan komputer digunakan alat yang dinamakan
konektor PJ-II.
Bab
4
Praktik
Mengakses Internet
1.
URL (Uniform Resource Locator),
adalah format penulisan alamat situs pada browser.
2.
E-mail (electronic
mail), salah satu layanan Internet yang dapat digunakan untuk mengirim
pesan. Baik pengirim maupun penerima harus sama-sama memiliki alamat e-mail atau
e-mail address.
3.
Upload fi le,
istilah yang digunakan untuk melakukan transfer fi le dari komputer client
ke komputer server.
4. Download file,
istilah yang digunakan untuk melakukan transfer fi le dari komputer server
ke komputer client.
5.
Search engine,
merupakan salah satu layanan Internet yang digunakan untuk mencari informasi.
6.
WWW atau Web, contoh
aplikasinya: Internet Explorer, Firefox dan Opera.
7.
E-mail,
contoh aplikasinya: Internet Mail, Outlook Express, Novell Evolution,
dan lainnya.
8.
IRC (Internet Relay Chat) atau chatting,
contoh aplikasinya: mIRC, Oirc, ChatZilla, Pidgin.
9.
FTP, contoh aplikasinya WSFTP, CuteFTP,
BulletProof FTP, dsb.
10. Menyimpan
daftar alamat menggunakan Favorites atau Bookmarks.
Bab
5
Menggunakan
Aplikasi E-mail
1. POP (Post Office Protocol)
merupakan jenis protokol yang digunakan pada layanan e-mail. POP banyak
digunakan oleh sistem operasi Windows.
2. SMTP (Simple Mail Transfer
Protocol) merupakan jenis protokol yang digunakan pada layanan e-mail.
SMTP banyak digunakan oleh system operasi Linux dan Unix.
3.
Ada dua jenis server yang
melayani pengiriman e-mail, yaitu POP/IMAP server dan SMTP server.
4.
E-mail dapat
dibaca dan dikirim menggunakan aplikasi e-mail client berbasis desktop
atau berbasis Web. Aplikasi e-mail client berbasis aplikasi dekstop
contohnya Outlook Express dan Eudoramail. Adapun e-mail client berbasis
web contohnya yahoo! Mail, Google Mail, dan Hotmail.
5.
Setiap pengguna e-mail harus
memiliki e-mail address. Contoh e-mail address:
iwa.sofa@yahoo.com, ojolinux@gmail.com, dan sebagainya.
6.
E-mail address dapat
diperoleh dengan cara melakukan registrasi pada server- server e-mail gratis
yang ada di Internet.
Bab
6
Pengenalan
Multimedia dan Presentasi
1.
Multimedia merupakan kombinasi dari
elemen-elemen teks, gambar, grafi k, suara, animasi, dan video yang saling
berhubungan dan dapat dimanipulasi secara digital. Terdapat banyak jenis fi le
multimedia beserta aplikasi pemutar multimedia yang tersedia.
2. Presentasi didefi nisikan sebagai suatu
kumpulan data dan informasi yang disampaikan kepada pendengar tertentu (specifi
c audience).
3.
Membuat presentasi dapat dibuat dari
awal (blank document) atau menggunakan template (siap pakai).
4. Menentukan tema presentasi merupakan
suatu hal yang penting. Karena berkaitan dengan tampilan dan animasi yang akan
digunakan.
5.
Menentukan jumlah halaman slide,
tidak terlalu sedikit dan tidak terlalu banyak sangat penting. Jika terlalu
sedikit, akan banyak pesan yang tidak tersampaikan. Jika terlalu banyak,
membuat presentasi terlalu lama.
6.
Menggunakan teks, grafi k, gambar,
suara, dan video seperlunya. Terlalu banyak animasi, suara atau video membuat
presentasi terlalu ramai dan tidak fokus.
7.
Menggunakan efek animasi dan transisi
antar-slide untuk menarik perhatian audience.
No comments:
Post a Comment